Rayap Kayu Menyerang, Atasi dengan Ini

Menggunakan jasa anti rayap untuk mengatasi Rayap kayu terhitung dalam tipe serangga yang ‘kerjaannya’ menghancurkan furniture atau parabot rumah berbahan kayu. Menurut Wikipedia, rayap kayu terhitung dalam anggota infraordo Isoptera, dengan ordonya Blattodea (kecoa).

Sementara dalam perkembang biakannya, rayap ini sama dengan serangga yang lain yang cepat sekali dan banyaknya cukup banyak.

Karena terhitung dalam tipe serangga sosial, jadi tidak salah bila rayap masih terhitung ‘saudara’ semut. Orang luar menjelaskannya sebagai white ant atau semut putih.

Rayap kayu ini selainnya tinggal atau sarangnya di kayu rangka rumah atau perlengkapan, makannya mengambil sumber dari kayu itu. Hingga tidak salah bila serangga yang ini benar-benar bikin rugi secara ekonomi.

Maka dari itu, bila tidak selekasnya diberantas dan dihindari saat sebelum menjalar, karena itu tidak boleh dituding jika perlengkapan atau furniture berbahan kayu dapat hancur dikonsumsi rayap jahat ini.

Binatang yang ini kerap tiba saat masuk musim penghujan. Hal tersebut karena karenanya temperatur basah atau lembab ialah keadaan terbaik untuk rayap berkembangbiak, selanjutnya makan kayu yang berada di rumah.

Kusen berbahan kayu dan daun pintu ialah yang tersering terserang oleh rayap kayu. Tetapi tidak lepas juga makan kayu dari tiang penyangga dan parabot rumah kecintaan Kalian.

Untuk memberantas rayap kayu ini dapat dengan memakai bahan kimia, tetapi langkah ini mempunyai risiko yakni kesehatan yang ada di rumah . Maka seharusnya pakai langkah alami yang paling aman untuk keluarga Kalian.

Untuk Kalian yang mempunyai permasalahan sama, berikut panduan memberantas rayap yang paling baik.

Saat sebelum memberantas rayap pemakan parabot atau kusen dan semacam berbahan kayu, lebih dahulu ketahui pertanda rumah jadi sayang rayap.

Rayap ini mempunyai sayap dan dapat ditanggalkan. Tetapi demikian sayapnya ini terlepas, karena itu mereka akan cari lokasi baru untuk sarang anyarnya. Bila Kalian menyaksikan beberapa timbunan dari sayapnya ini, karena itu peluang ada koloni di dekatnya.

Kemudian, rayap kayu ini akan membuat mud tubes atau terowong yang ukuran kecil, berperan sebagai jalan atau penyambungan di antara koloninya dengan sumber makanan.

Bahan yang digunakan untuk membikin terowong ini ialah dari tanah, kayu dan beberapa puing. Mud tubes berperan untuk jaga supaya masih tetap lembab dan gempuran di luar.

Lalu bagaimanakah langkah memberantas atau menangani rayap ini yang paling bikin rugi dari segi ekonomi?. Berikut tips-nya.

  1. Optimalkan sirkulasi udara

Layaknya dibahas di atas, jika rayap kayu ini bisa mengalami perkembangan biak secara cepat di lokasi yang lembab. Disamping itu, sarangnya dijaga supaya kelembapannya selalu terlindungi.

Buat menghindar kelembapan itu, karena itu tidak boleh merintangi cahaya matahari dan angin masuk ke rumah Kalian. hingga furniture berbahan kayu ini tidak akan dengan mudah digerogoti rayap.

Disamping itu, janganlah sampai ada kubangan air disekitaran rumah Kalian. ditambah kubangan airnya itu di dekat jendela, kusen atau pintu.

  1. Gunakan pendingin udara

Selainnya mengoptimalkan sirkulasi rumah supaya sinar matahari dan angin dapat masuk ke tiap pojok ruang, mendinginkan ruang bisa juga menangani rayap kayu. Layaknya memakai AC.

Temperatur ektrem atau suhu rendah yang mengambil sumber dari AC ini dapat membuat rayap mati tiba-tiba. Bila juga bisa mengalihkan beberapa parabot rumah berbahan kayu ke ruang yang ada AC-nya.

  1. Pelindungan extra

Setelah itu dengan membuat perlindungan furniture rumah Kalian dari gempuran rayap kayu dengan pelindungan extra, yakni dengan menggunakan cat atau cairan khusus anti rayap.

Saat sebelum dibalurkan ke parabot rumah, cat atau cairan itu juga bisa dipertambah dengan mintak tanah.

  1. Pasang perangkap

Bila Kalian malas atau ribet mengalihkan parabot rumah untuk dijemur di luar, karena itu sebagai tukarnya dapat dengan membat jebakan atau perangkap.

Bagaimana triknya? Persiapkan beberapa kardus dan dibasahi kardusnya. Janganlah sampai terlampau basah, yang perlu kardus itu lembap saja.

Kemudian, mencari sarang rayap kayu, lalu apabila sudah bertemu simpan kardus basah itu di dekat sarang, sampai berbau yang serupa dengan kayu itu keluar hingga dapat memancing rayap untuk dekati.

Saat rayap itu repot makan kardus, segera mengalihkannya ke lokasi atau pelataran rumah, dan dibakar kardusnya.

  1. Tumpas berbahan rumahan

Memberantas rayap kayu bukan cukup dengan memakai beberapa obat kimia saja, tetapi berbahan rumahan juga dapat dilaksanakan.

Bahan alamiah yang pertama dengan manfaatkan kapur barus. Taruh kamper atau kapur barus ini dalam parabot layaknya almari kayu atau letakan setiap pojok rumah yang lembab.

Kapur barus ini memiliki kandungan naftalena yang wewangiannya benar-benar dibenci oleh rayap. Disamping itu, juga bisa menyingkirkan kecoa yang menjijikkan.

Selainnya memakai kapur barus untuk memberantas rayap kayu, Kalian bisa juga manfaatkan sabun mandi cair. Triknya, lebih dahulu mempersiapkan sabun mandi cair, air dan botol semprotan atau spray.

Aduk atau kocok sabun cair sekitar 4 sendok sama air segelas saja sampai bersatu. Selanjutnya, kombinasi itu ditempatkan ke botol semprotan. Lantas semprot ke wilayah yang terserang oleh rayap.

Kombinasi sabun mandi cair sama air ini dapat mengakibatkan mekanisme pernafasan di rayap kayu jadi terusik, jadi nanti sendirinya mereka akan mati.

Langkah baik yang lain dari 2 bahan di atas dengan memakai larutan kapur sirih. Kapur sirih yang telah dicampurkan ini bukan hanya membunuh rayap, tetapi benar-benar manjur memberantas serangga yang lain.

Persiapkan kapur sirih selanjutnya kombinasi sama air, kemudian semprot ke sisi sarangnya. Larutan ini bisa membunuh tidak cuma mematikan rapay kayu dewasa, tetapi larvanya. (Adi/R5/HR-Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published.